Increasing Motivation to Study Physics Using PhET Media on Mechanical Energy Material

Authors

Haris Munandar , Aris Doyan , Susilawati , Syamsul Hakim , Lalu Muliyadi , Hamidi

DOI:

10.56566/mandalika.v2i1.70

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2024): February

Keywords:

Energy, Learning Motivation, Media, PhET
Received: 2023-02-28
Accepted: 2024-03-04
Published: 2024-02-28

Articles

Downloads

How to Cite

Munandar, H., Doyan, A., Susilawati, S., Hakim, S., Muliyadi, L., & Hamidi, H. (2024). Increasing Motivation to Study Physics Using PhET Media on Mechanical Energy Material. MANDALIKA : Journal of Social Science, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.56566/mandalika.v2i1.70

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

This activity is a collaboration carried out with SMAN 5 Mataram. This study aims to assist teachers in increasing student motivation in the physics learning process. This study was carried out through three stages, namely preparation, implementation, and reflection. The result of this activity is to create a fun learning process for students, so that students are increasingly motivated to learn to actively explore and build their knowledge. Learning that is carried out is more student-centered

References

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16–27. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612

Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). High­Tech Tools for Teaching Physics: the Physics Education Technology Project. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 2(3), 110-121.

Herayanti, L., & Habibi. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.236

Hikmawati. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5–E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) sebagai upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.232

Kii, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA, 3(2), 360–367. Retrieved from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/364

Ladarna, M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18520/

Masfaratna, M. (2022). Phet Simulation Media Hukum Pergeseran Wien Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 362–372. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1815

Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik. Journal of Education, Science, Geology, and Geophysics (GeoScienceEdu, 2(1). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i1.127

Primadona, H. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lectora Inspire Dan Powerpoint Pada Materi Momentum Dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 43-54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3956

Putria, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal, 8, 2019–. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.17

Rahayu, S., Mertha, I. G., & Hadi K. A. 2015. Pengembangan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Yayasan Rumah Empu.

Ramli, R., Darvina, Y., & Sari, S. Y. (2019). Pengaruh inkuiri berbasis pictorial riddle berbantuan phet simulation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 13 Padang pada materi momentum, impuls dan getaran harmonis sederhana. Pillar Of Physics Education, 12(3). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/6943

Riyadi, A., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media flash terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 87-91. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.240

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran daring interaktif, bermakna dan menarik sebagai upaya optimalisasi proses pembelajaran masa pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647

Sari, B. W. G. (2020). Penerapan Aplikasi PhET untuk Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Pengaruhnya pada Hasil Belajar Siswa di SMP Kelas VII. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103403

Ula, J., Ningsih, L. J., Zulkarnaini, Z., Mirdayanti, R., Muzana, S. R., Faisal, M. F. M., & Nurdin, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Phet Simulation Pada Materi Rangkaian Listrik Seri-Paralel di MTsS Pesantren Modern Al-Manar. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 237–244. https://doi.org/10.32672/btm.v3i4.3965

Wiyoko, T., Sarwanto, S., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif untuk Kelas XI SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 16-19. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/4670/3209

Author Biographies

Haris Munandar, Mataram University

Aris Doyan, Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Susilawati, University of Mataram

Syamsul Hakim, University of Mataram

Lalu Muliyadi, University of Mataram

Hamidi, University of Mataram

License

Copyright (c) 2024 Haris Munandar, Aris Doyan, Susilawati, Syamsul Hakim, Lalu Muliyadi, Hamidi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.