Increasing Motivation to Study Physics Using PhET Media on Mechanical Energy Material
DOI:
10.56566/mandalika.v2i1.70Issue:
Vol. 2 No. 1 (2024): FebruaryKeywords:
Energy, Learning Motivation, Media, PhETArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
This activity is a collaboration carried out with SMAN 5 Mataram. This study aims to assist teachers in increasing student motivation in the physics learning process. This study was carried out through three stages, namely preparation, implementation, and reflection. The result of this activity is to create a fun learning process for students, so that students are increasingly motivated to learn to actively explore and build their knowledge. Learning that is carried out is more student-centered
References
Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16–27. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612
Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. (2006). HighTech Tools for Teaching Physics: the Physics Education Technology Project. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 2(3), 110-121.
Herayanti, L., & Habibi. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.236
Hikmawati. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5–E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) sebagai upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.232
Kii, O. A., & Dewa, E. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA, 3(2), 360–367. Retrieved from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/364
Ladarna, M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada materi Momentum dan Impuls untuk Tingkat SMA/MA. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18520/
Masfaratna, M. (2022). Phet Simulation Media Hukum Pergeseran Wien Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 362–372. https://doi.org/10.51878/learning.v2i4.1815
Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik. Journal of Education, Science, Geology, and Geophysics (GeoScienceEdu, 2(1). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i1.127
Primadona, H. (2018). Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lectora Inspire Dan Powerpoint Pada Materi Momentum Dan Impuls kelas X SMAN 3 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 43-54. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.3956
Putria, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal, 8, 2019–. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.17
Rahayu, S., Mertha, I. G., & Hadi K. A. 2015. Pengembangan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Yayasan Rumah Empu.
Ramli, R., Darvina, Y., & Sari, S. Y. (2019). Pengaruh inkuiri berbasis pictorial riddle berbantuan phet simulation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 13 Padang pada materi momentum, impuls dan getaran harmonis sederhana. Pillar Of Physics Education, 12(3). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/6943
Riyadi, A., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media flash terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 87-91. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.240
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran daring interaktif, bermakna dan menarik sebagai upaya optimalisasi proses pembelajaran masa pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647
Sari, B. W. G. (2020). Penerapan Aplikasi PhET untuk Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor Pengaruhnya pada Hasil Belajar Siswa di SMP Kelas VII. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103403
Ula, J., Ningsih, L. J., Zulkarnaini, Z., Mirdayanti, R., Muzana, S. R., Faisal, M. F. M., & Nurdin, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Phet Simulation Pada Materi Rangkaian Listrik Seri-Paralel di MTsS Pesantren Modern Al-Manar. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 237–244. https://doi.org/10.32672/btm.v3i4.3965
Wiyoko, T., Sarwanto, S., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif untuk Kelas XI SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 16-19. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/4670/3209
Author Biographies
Haris Munandar, Mataram University
Aris Doyan, Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Susilawati, University of Mataram
Syamsul Hakim, University of Mataram
Lalu Muliyadi, University of Mataram
Hamidi, University of Mataram
License
Copyright (c) 2024 Haris Munandar, Aris Doyan, Susilawati, Syamsul Hakim, Lalu Muliyadi, Hamidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


